Membuat Online Shop idaman memang
tidak mudah,tapi juga tidak dikatakan susah.apalagi dengan banyaknya jasa
pembuatan website dan online shop.yang lebih susah adalah
bagaimana Anda mengelolaOnline Shop itu
sendiri,supaya menjadi online shop yang sukses.
Berikut beberapa hal pentingnya :
1.Sediakan Contact Person Yang
Jelas
Sistem
dasar dari online shop adalah saling
keterpercayaan,antara pembeli dengan pemilik barang.yang transaksinya
berlangsung di internet.Nah, kalo tidak bertemu langsung, bagaimana cara
pembeli mengetahui barang yang akan dibeli ?,oleh karna itu sediakan contact
person yang jelas dimana para pembeli dapat dengan mudah berinteraksi dengan
penjual baik itu via email, chatting, sms, atau telphone.
2.Ramah dan Sabar
Dalam
berbelanja online seperti pada umumnya seorang pembeli akan menawar harga dari
barang yang Anda tawarkan, bahkan sampai jauh di bawah perkiraan Anda.
disinilah letak kesabaran Anda sedang diuji,tapi ini juga menjadi peluang untuk
memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya. layani pembeli dengan ramah dan
jelaskan tentang kualitas barang, bentuk, dan model sehingga membuat pembeli
itu merasa bahwa harga yang sudah Anda tawarkan merupakan harga yang wajar.
3.Up to Date
Barang
dagangan yang selalu up to date tentu akan menjadi nilai lebih bagi online shop Anda, pembeli akan
merasa nyaman dan mugkin ketagihan berbelanja online. karna barang yang mereka
cari sudah tersedia di online shop Anda. selain
mengupload barang dagangan di website online shop Anda, salah satu
cara yang ampuh adalah meng-Update barang dagangan Anda di berbagai media
sosial.
4.Niat Usaha
Dalam
semua hal niat yang kuat merupakan modal utama untuk membangun online shop Anda meraih
kesuksesan, walaupun mungkin online shop ini hanya usaha
sampingan. tapi Anda juga harus sadar mungkin malah online shop ini yang selalu
menghasilkan rupiah ke tabungan Anda.
5.Sediakan Layanan Return
Bagi
Anda yang memiliki online shop, fasilitas return atau
menukar barang harus wajib dimiliki jika ingin sukses. Kenapa begitu? Diingat
sekali lagi yaa, di online shop ini kan penjual
dan pembeli tidak saling bertemu, dan juga pembeli tidak pernah bersentuhan
langsung dengan produk. Jadi bisa aja barang yang dibeli ternyata rusak atau
kekecilan-kebesaran ukurannya atau juga hilang saat pengiriman kan mereka tidak
pernah tau, maka dari itu kita harus menyediakan fasilitas Return agar pembeli
merasa bahwa dia tidak ditipu dan akan percaya dengan kualitas penjualan Anda.
Jika para pembeli senang, mereka pasti akan balik lagi ke Anda dan mungkin
mereka akan mengajak rekan atau keluarga untuk beli di online shop Anda.
6.Mengadakan Diskon
Semua
orang suka diskon! Ini sangat penting untuk marketing produk Anda. Berilah
pelanggan Anda sebuah diskon khusus, sebagai contoh : Diskon di saat-saat
tertentu seperti disaat hari raya atau gratis ongkos kirim diwilayah Pulau
Jawa. Dengan mengadakan diskon ini pastilah para pembeli Anda akan tertarik
untuk beli.
7.Jujur dan Hargai Pembeli Anda
Bisnis
yang sukses tidak jauh dari kata Jujur dan menghargai klien atau pembeli. Jika
ingin bisnis sukses maka harusnya bersikap jujur pada klien atau pembeli dan
juga menghargainya. Jadi jangan sekali-sekali Anda membohongi pembeli tentang
bentuk barang, kualitas, apalagi keaslian produk. Karena selalu Anda membohongi
pembeli, maka mereka tidak akan balik lagi membeli produk Anda. Dan lebih
parahnya mereka bisa membuat postingan tentang penipuan yang Anda lakukan,
sehingga dibaca oleh orang lain dan nama baik online shop Anda akan jatuh.
Hargailah pembeli walaupun dia hanya membeli satu barang Anda saja.
8. Jangan Mengumbar Janji
Salah
satu lagi yang tidak boleh dilakukan oleh penjual online shopadalah mengumbar janji
palsu. Seperti contoh :
–
Seorang pembeli ingin membeli sesuatu dari Anda, namun pada saat itu stock
barang sedang tidak ada. Nah, yang harus Anda lakukan adalah beritahu dia bahwa
barang tidak ada namun bilang juga kapan barangnya akan datang lagi. Jangan
berbohong dengan bilang stock barang masih ada.
9. Bedakan Antara Reseller
dengan Buyer
Jika online shop Anda telah
memiliki Reseller (orang yang membeli barang Anda dengan jumlah banyak dan
untuk diperjual-belikan lagi) maka Anda harus memiliki patokan harga tersendiri
yang pastinya lebih murah dibandingkan dengan harga yang ada patok untuk Buyer
(pembeli yang membeli barang Anda untuk kebutuhan pribadi dan dalam jumlah
sedikit). Selain itu, saat menyetok barang, pisahkan antara barang yang akan
dibeli oleh reseller dengan barang yang akan dijual oleh buyer. Hal ini untuk
menghindari tercampurnya barang jualan.
10. Buatlah Perhitungan dan
Pembukuan
Dalam
dunia usaha baik jualan atau apapun itu, Anda diharuskan membuat perhitungan
yang jelas dan benar seperti jumlah barang yang masuk, jumlah barang yang
keluar, biaya ini itu, dll. Agar pengeluaran Anda tidak tiba-tiba membengkak
dan agar Anda mengetahui untuk apa saja uang Anda dikeluarkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar